1.Perubahan Intensional
2.Perubahan Positif dan Aktif
3.Perubahan Efektif dan Fungsional
a.Perubahan Intensional
Perubahan yang terjadi dalam proses
belajar adalah berkat pengalaman atau praktik ` yang dilakukan dengan sengaja
dan disadari,atau dengan kata lain bukan kebetulan.
b.Perubahan Positif dan Aktif
Perubahan yang terjadi
karena proses belajar bersifat positif dan aktif. Positif artinya
baik,bermanfaat,serta
sesuai dengan harapan. Hal ini juga bermakna bahwa perubahan
tersebut senantiasa merupakan
penambahan,yakni diperolehnya sesuatu yang baru
(seperti pemahaman dan keterampilan baru)
yang lebih baik daripada apa yang telah ada
sebelumnya.
c.Perubahan Efektif dan
Fungsional
Perubahan yang timbul
karena proses belajar bersifat efektif,yakni berhasil. Artinya,
perubahan
tersebut membawa pengaruh,makna,dan manfaat tertentu bagi siswa. Selain
itu, perubahan dalam proses
belajar bersifat fungsional dalam arti bahwa ia relatif
menetap dan setiap saat apabila
dibutuhkan,perubahan tersebut dapat diproduksi dan
dimanfaatkan.
B.CIRI-CIRI
BELAJAR MENURUT WILLIAM BURTON
1.Proses belajar ialah
pengalaman,berbuat,dan mereaksi.
2.Proses itu melalui bermacam-macam ragam
pengalaman dan mata pelajaran-mata pelajaran yang
terpusat pada suatu tujuan tertentu.
3.Pengalaman belajar secara maksimum bermakna
bagi kehidupan murid.
4.Pengalaman belajar bersumber dari kebutuhan
dan tujuan murid sendiri yang mendorong
motivasi yang kontinu.
5.Proses belajar dan hasil belajar disyarati
oleh hereditas dan lingkungan.
6.Proses belajar dan hasil usaha belajar secara materil dipengaruhi oleh
perbedaan-perbedaan
Individual di kalangan murid-murid.
7.Proses belajar berlangsung secara efektif
pengalaman-pengalaman dan hasil-hasil yang
Diinginkan disesuaikan dengan kematangan
murid.
8.Proses belajar yang terbaik apabila murid mengetahui
stasus dan kemajuan.
9.Proses belajar merupakan kesatuan
fungsional dari berbagai prosedur.
10.Hasil-hasil belajar secara fungsional
bertalian satu sama lain,tetapi dapat diduskusikan secara
terpisah.
11.Proses belajar berlangsung secara efektif
di bawah bimbingan yang merangsang dan
Membimbing tanpa tekanan dan paksaan.
12.Hasil-hasil belajar adalah pola-pola
perbuatan,nilai-nilai,pengertian-pengertian,sikap-sikap,
apresiasi,abilitas,dan keterampilan.
13.Hasil-hasil belajar diterima oleh murid
apabila memberi kepuasan pada kebutuhannya dan
berguna serta bermakna baginya.
14.Hasil-hasil dilengkapi dengan jalan
serangkaian pengalaman-pengalaman yang dapat
dipersamakan dan dengan pertimbangan
yang baik.
15.Hasil-hasil belajar yang telah dicapai
adalah bersifat kompleks dan dapat berubah-ubah,jadi
tidak sederhana dan statis.
C.CIRI-CIRI
BELAJAR TUNTAS
1.Para siswa dapat belajar dengan baik dalam
kondisi pengajaran yang tepat sesuai dengan
harapan
pengajar.
2.Bakat seorang siswa dalam suatu bidang
pengajaran tertentu dapat diramalkan,baik tingkatnya
(yaitu bahan yang dipelajari dalam bidang
pengajaran itu dalam waktu yang telah ditentukan)
maupun satuan waktu yang dibutuhkan untuk
mempelajari bahan tersebut sanpai ke tingkat
penguasaan tertentu.
3.Tingkatan hasil belajar = f(waktu yang diperlukan secara aktual)
(waktu yang dibutuhkan)
f=
fungsi yang ditentukan
Tingkat hasil belajar
bergantung pada waktu yang digunakan secara nyata siswa untuk
mempelajari sesuatu
dibandingkan dengan waktu yang dibutuhkan untuk mempelajarinya.
4.Model Carroll
Tingkat belajar =
(1.Ketentuan, 2.Kesenpatan belajar, 3.Bakat, 4.Kualitas pengajaran,
5.Kemampuan memahami pengajaran).
5.Bakat diperhatikan jika
siswa diberi kesempatan belajaryang seragam dan kualitas pengajaran
pula,hanya sedikit siswa
yang dapat mencapai tingkatan mastery (menguasai).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar