AKAN SELALU ADA JALAN BAGI YANG MAU BERBUAT

Safaruddinufe1121@gmail.com

TRANSLATE



JapaneseGermanEnglishFrenchSpainChinese SimplifiedArabicRussian

Translate

visitor

Sabtu, 02 November 2013

CIRI-CIRI BELAJAR



   1.Perubahan Intensional
   2.Perubahan Positif dan Aktif
   3.Perubahan Efektif dan Fungsional
                a.Perubahan Intensional
                          Perubahan yang terjadi dalam proses belajar adalah berkat pengalaman atau praktik        `                yang dilakukan dengan sengaja dan disadari,atau dengan kata lain bukan kebetulan.
              b.Perubahan Positif dan Aktif
                        Perubahan yang terjadi karena proses belajar bersifat positif dan aktif. Positif artinya    
baik,bermanfaat,serta sesuai dengan harapan. Hal ini juga bermakna bahwa perubahan
                  tersebut senantiasa merupakan penambahan,yakni diperolehnya sesuatu yang baru
                  (seperti pemahaman dan keterampilan baru) yang lebih baik daripada apa yang telah ada
                  sebelumnya.
               c.Perubahan Efektif dan Fungsional
                         Perubahan yang timbul karena proses belajar bersifat efektif,yakni berhasil. Artinya,
perubahan tersebut membawa pengaruh,makna,dan manfaat tertentu bagi siswa. Selain
                   itu, perubahan dalam proses belajar bersifat fungsional dalam arti bahwa ia relatif
                   menetap dan setiap saat apabila dibutuhkan,perubahan tersebut dapat diproduksi dan
                   dimanfaatkan.
B.CIRI-CIRI BELAJAR MENURUT WILLIAM BURTON
  1.Proses belajar ialah pengalaman,berbuat,dan mereaksi.
  2.Proses itu melalui bermacam-macam ragam pengalaman dan mata pelajaran-mata pelajaran yang
     terpusat pada suatu tujuan tertentu.
  3.Pengalaman belajar secara maksimum bermakna bagi kehidupan murid.
  4.Pengalaman belajar bersumber dari kebutuhan dan tujuan murid sendiri yang mendorong
      motivasi yang kontinu.
  5.Proses belajar dan hasil belajar disyarati oleh hereditas dan lingkungan.
  6.Proses belajar dan hasil usaha  belajar secara materil dipengaruhi oleh perbedaan-perbedaan
     Individual di kalangan murid-murid.
  7.Proses belajar  berlangsung secara efektif pengalaman-pengalaman dan hasil-hasil yang
     Diinginkan disesuaikan dengan kematangan murid.
  8.Proses belajar yang terbaik apabila murid mengetahui stasus dan kemajuan.
  9.Proses belajar merupakan kesatuan fungsional dari berbagai prosedur.
 10.Hasil-hasil belajar secara fungsional bertalian satu sama lain,tetapi dapat diduskusikan secara
       terpisah.
  11.Proses belajar berlangsung secara efektif di bawah bimbingan yang merangsang dan     
        Membimbing tanpa tekanan dan paksaan.
   12.Hasil-hasil belajar adalah pola-pola perbuatan,nilai-nilai,pengertian-pengertian,sikap-sikap,
        apresiasi,abilitas,dan keterampilan.
   13.Hasil-hasil belajar diterima oleh murid apabila memberi kepuasan pada kebutuhannya dan
         berguna serta bermakna baginya.
   14.Hasil-hasil dilengkapi dengan jalan serangkaian pengalaman-pengalaman yang dapat
         dipersamakan dan dengan pertimbangan yang baik.
   15.Hasil-hasil belajar yang telah dicapai adalah bersifat kompleks dan dapat berubah-ubah,jadi
         tidak sederhana dan statis.
C.CIRI-CIRI BELAJAR TUNTAS
   1.Para siswa dapat belajar dengan baik dalam kondisi pengajaran yang tepat sesuai dengan
harapan pengajar.
   2.Bakat seorang siswa dalam suatu bidang pengajaran tertentu dapat diramalkan,baik tingkatnya
      (yaitu bahan yang dipelajari dalam bidang pengajaran itu dalam waktu yang telah ditentukan)
      maupun satuan waktu yang dibutuhkan untuk mempelajari bahan tersebut sanpai ke tingkat
      penguasaan tertentu.
   3.Tingkatan hasil belajar =  f(waktu yang diperlukan secara aktual)
                                                       (waktu yang dibutuhkan)
                                                  f= fungsi yang ditentukan
        Tingkat hasil belajar bergantung pada waktu yang digunakan secara nyata siswa untuk
        mempelajari sesuatu dibandingkan dengan waktu yang dibutuhkan untuk mempelajarinya.
    4.Model Carroll
        Tingkat belajar = (1.Ketentuan, 2.Kesenpatan belajar, 3.Bakat, 4.Kualitas pengajaran, 
5.Kemampuan memahami pengajaran).
    5.Bakat diperhatikan jika siswa diberi kesempatan belajaryang seragam dan kualitas pengajaran
       pula,hanya sedikit siswa yang dapat mencapai tingkatan mastery (menguasai). 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar